tips mengajar anak menabung

Tips Supaya Anak Gemar Menabung Sejak Dini

Seperti yang sudah diketahui bahwa menabungini merupakan sebuah kegiatan menyimpan uang sedikit demi sedikit dari sisa uang jajan supaya nantinya terkumpul dengan banyak. Mungkin Itulah pengertian menabung secara sederhana jika dilihat dari seorang anak yang gemar menabung. Jika anak sudah terbiasa menabung maka anak ini sudah membiasakan dirinya untuk disiplin di dalam menggunakan uangnya. Selain itu anak yang gemar menabung ini akan mempergunakan uangnya itu secara teratur atau sesuai dengan keperluannya saja. Sehingga ketika anak ini sudah terbiasa menabung maka ini akan membuat anak ini bisa hidup berhemat. Lalu bagaimana cara supaya anak mau menabung itu? Nah, untuk itulah dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang beberapa tips supaya anak gemar menabung sejak dini sebagai berikut :

  1. Belikan Celengan

Orangtua bisa memberikan anaknya sebuah celengan sebagai langkah awal agar anak mau menabung.Ketika telah dibelikan celengan ini maka biasanya seorang anak ini menginginkan agar celengannya itu agar segera penuh. Sehingga ini akan menyebabkan anak tersebut akan gemar untuk menyisihkan uang jajannya untuk dimasukkan kedalam celengan.

tips mengajar anak menabung

  1. Buatkan Rekening Tabungan

Selain celengan beberapa orangtua juga membuatkan rekening bank untuk anaknya agar gemar menabung.Ketika anak ini sudah mempunyai buku tabungan sendiri atas namanya sendiri maka anak ini biasanya menginginkan agar saldo di buku tabungannya itu cepat banyak jumlahnya. Sehingga ini akan membuat anak bersemangat untuk menabung.

  1. Beri Info Sumber Keuangan yang Orangtua Peroleh Kepada Anak

Memberi tahu anak tentang sumber keuangan yang diperoleh orang tua itu penting sehingga anak ini nantinya akan mengetahui betapa sulitnya orang tua mereka di dalam mencari uang. Ketika anak ini sudah mengerti dengan kondisi itu maka biasanya seorang anak ini akan merasa kasihan dengan orang tuanya jika memboroskan uang yang diberikan orang tuanya itu.

  1. Berikan Uang Jatah Untuk Anak

Untuk mengajarkan anaknya agar pandai mengelola uangnya adalah dengan memberi jatah uang kepada anaknya. Ketika seorang anak ini pandai mengelola keuangannya maka anak ini tidak akan kehabisan uang. Tetapi ketika anak ini tidak bisa mengelolanya maka anak ini akan kehabisan uang sebelum waktu orang tuanya memberikan jatah lagi.

  1. Beri Nasihat Tentang Pentingnya Menabung

Memberikan nasihat kepada anak tentang manfaat menabung, tentunya akan bisa memotivasi anak supaya mau untuk mulai menabung. Dalam hal ini anda sebagai orang tua, bisa memberikan penjelasan kepada anak bahwa dengan menabung bisa memberikan banyak manfaat. Misalnya, dengan menabung anak bisa membeli sesuatu yang diinginkan nantinya, dan lain sebagainya.

Mungkin itu saja untuk informasi kali ini semoga bermanfaat. Terutama bagi anda yang akan menanamkan kebiasaan menabung kepada anak sejak dini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *