Mendidik-anak

Inilah 3 Tips Mendidik Anak yang Baik dan Benar

Sebagai orang tua pasti harus bisa memberikan tuntunan serta arahan yang tepat supaya ia menjadi insan yang baik dan berakhlak mulia sebagaimana yang kita mau kelak ketika mereka sudah dewasa. Melihat hal ini orang tua juga perlu mengetahui beberapa tips mendidik anak yang baik.

Usia 0 tahun merupakan waktu yang kritis untuk perkembangan benak sang anak. Pada etape inilah anak mengalami waktu keemasan dimana pertumbuhan otaknya terjadi dengan cepat dan pesat.

Pada masa ini bahkan benak anak memiliki keterampilan untuk menyerap pengalaman-pengalaman baru lebih cepat dari anak yang berusia 3 tahun.

Oleh sebabnya, Anda tidak boleh sampai salah dalam mendidik maupun menyerahkan contoh-contoh untuk putra-putri Anda.

Tips sukses teknik mendidik anak yang baik memiliki tidak sedikit metode. Seberapa besar tingkat kesuksesan dari cara yang diterapkan pasti tergantung dari seberapa efektif setiap orang tua dalam menyerahkan kontribusi untuk anak-anaknya.

Agar kita tak bingung dalam menyerahkan arahan guna anak, inilah ini ialah beberapa tips mendidik anak yang baik, benar dan arif yang dapat Anda coba.

1. Bersikap lembut dan tunjukkan kasih sayang yang tulus

Bersikap-lembut-dan-tunjukkan-kasih-sayang-yang-tulus

Sebagai orang tua, tidak jarang kali bersikap lembut untuk anak ialah hal mutlak yang mesti dilakukan. Sebab melulu dengan tutur kata yang lembut, seorang anak akan memperhatikan perkataan dari orang tuanya.

Di samping dituntut guna bersikap lembut untuk anak, orang tua pun selayaknya menyerahkan kasih sayang yang tulus dan utuh untuk anak.

Salah satu contohnya ialah dengan mengatakan untuk anak bahwa Anda paling menyayanginya. Pelukan atau ciuman juga dapat menjadi penyemangat tersendiri untuk jiwa sang anak yang dapat Anda lakukan.

Baca juga: 5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ayah Untuk Mendidik Anak Lelakinya

2. Jadilah pendengar yang baik dan berikan dukungan

Jadilah-pendengar-yang-baik-dan-berikan-dukungan

Mungkin anak kita pernah menikmati di ejekan oleh rekan sebayanya. Sebagai orang tua yang baik, usahakanlah untuk mengerjakan pendekatan supaya si anak inginkan bercerita.

Di ketika seperti tersebut Anda dituntut guna menjadi pendengar yang baik dan dapat mendengarkan seluruh keluh dan kesah si kecil. Ini ialah kunci berhasil dalam membina rasa percaya diri sang anak.

Berikanlah sokongan yang positif dan bekalilah ia dengan skill guna menghindari olokan temannya serta keterampilan untuk dapat bersosialisasi dengan baik. Sebagai misal Anda bisa mengajarkan anak Anda guna menghindari sebuah cibiran dari temannya.

Misalnya andai ada temannya yang menuliskan “Kamu jelek”, kemudian jawaban yang sangat tepat ialah “Biarin yang urgen pinter”. Anak yang terbiasa mengejek pasti bakal merasa jenuh dengan jawaban yang demikian sebab ejekannya tidak ditanggapi dengan serius serta tidak menemukan feedback cocok dengan yang ia inginkan, contohnya dengan menangis, mengadu atau marah.

3. Bangun kreatifitas dengan bermain bersama

Bangun-kreatifitas-dengan-bermain-bersama

Mengajarkan anak bukan berarti mesti selalu menciptakan “peraturan-peraturan baru” yang tidak mengasyikkan baginya, akan namun juga dapat dengan teknik bermain bersama. Biarkan ia mempelajari sesuatu dari kita dengan cara-cara yang jauh lebih mengasyikkan seperti bermain, menari atau bermain musik bersama.

Selain itu, sebagai orang tua juga perlu menjauhkan hal-hal yang dapat berdampak negatif bagi anak. Contohnya seperti gadget, karena terdapat dampak negatif gadget bagi anak jika digunakan secara berlebihan.

Maka sebagai orang tua juga perlu memperhatikan hal-hal yang dapat berdampak negatif bagi anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa tips mendidik anak yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi untuk mendidik anak yang baik dan benar ya.

Baca juga: Inilah 4 Tips Mendidik Anak Agar Tidak Manja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *