Resep-MPASi

5 Resep MPASI 6 Bulan Yang Bisa Bunda Coba

Pada saat si kecil sudah menginjak 6 bulan, saatnya bunda untuk mulai mengenalkan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang sangat penting dikonsumsi untuk pertumbuhan sang buah hati. Karena ASI saja belum cukup untuk memenuhi gizi anak. Oleh karena itu dalam tulisan kali ini akan memberikan tips parenting tentang 5 resep MPASI 6 bulan yang bisa bunda coba sebagai berikut :

1. Bubur Ubi Jalar

Bubur-Ubi-Jalar

Resep MPASI 6 bulan yang pertama adalah bubur ubi jalar. Karena ubi jalar ini merupakan makanan yang sehat yang banyak mengandung vitamin A, E, dan C. Selain itu makanan ini juga mengandung zat besi dan kalsium. Selain bisa dijadikan bubur, ubi jalar ini bisa bunda rebus saja dan langsung diberikan kepada bayi.

2. Nasi Tim

Nasi-Tim

Makanan lainnya yang bisa bunda jadikan MPASI bagi bayi 6 bulan adalah nasi tim. Adapun cara penyajian dari nasi tim ini sangatlah mudah, yakni hanya dengan bahan dasar beras, garam dan santan secukupnya. Untuk memberikan rasa dan gizi pada bayi, bunda bisa menambahkan sayuran seperti wortel, bayam, dan ikan sebagai sumber nutrisi yang alami.

3. Wortel

Wortel

Makanan jenis sayuran ini selain bervitamin dan sangat enak dibuat sebagai jus, ternyata wortel ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) yang memang dari sejak dulu wortel ini banyak direkomendasikan untuk proses pengenalan makanan pada bayi.

Disini bunda bisa memberikan wortel rebus pada bayi anda karena wortel ini memiliki kandungan sumber vitamn A dan mineral yang sangat tinggi.

4. Bubur Kacang Hijau

Bubur-Kacang-Hijau

Bubur kacang hijau ini banyak sekali mengandung vitamin serta nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga sangat baik untuk diberikan sebagai MPASI 6 bulan pada bayi. Dimana bubur kacang hijau ini kaya akan protein, serat yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh.

Bunda bisa membuat bubur kacang hijau ini dengan merebusnya hingga empuk dan lembut, atau disaring supaya bisa mendapatkan tekstur yang lembut untuk mempermudah bayi memakannya.

5. Bubur Pepaya

Bubur-pepaya

Selain buah pisang, bunda juga bisa menjadikan pepaya ini sebagai pilihan MPASI 6 bulan yang sangat baik untuk diberikan kepada bayi. Karena buah pepaya ini banyak mengandung enzim papain yang berfungsi untuk membantu melancarkan proses pencernaan pada tubuh.

Dan buah pepaya ini juga banyak mengandung nutrisi seperti asam folat dan zat besi yang bermanfaat untuk membantu proses perkembangan otak bayi. Ditambah dengan kandungan kalsium serta zink yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pada tulang.

Itulah 5 resep MPASI 6 bulan yang bisa bunda coba, semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *