Tips Cara Mendidik Anak Supaya Tidak Manja

Para Orang Tua Harus Tahu! Inilah Beberapa Tips Cara Mendidik Anak Supaya Tidak Manja

Pada hakikatnya, setiap anak itu pasti memiliki sifat manja yang bertujuan untuk mendapatkan perhatian dari kedua orang tuanya. Ya, hal itu memang wajar-wajar saja terjadi, jika seorang anak selalu ingin dimanja oleh kedua orang tuanya.

Namun, bukan berarti juga bahwa kita harus selalu menuruti semua apa yang diinginkan oleh sang buah hati. Dengan kata lain, kita sebagai orang tua tidak boleh terlalu memanjakannya. Mengapa bisa demikian? Menurut para psikolog anak, apabila sang buah hati terlalu dimanja, maka ia akan tumbuh sebagai anak yang selalu bergantung kepada orang lain.

Mengingat akan hal tersebut, tentu saja kita tidak menginginkan hal itu terjadi kepada anak kesayangan kita. Berbicara soal cara mendidik anak, pada kesempatan kali ini akan mengulas seputar beberapa tips mendidik anak supaya tidak manja. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang tips cara mendidik anak agar tidak manja, mari kita sama-sama simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Jangan Selalu Menuruti Semua Keinginannya

Tips pertama yang harus anda ketahui dalam mendidik anak agar tidak manja lagi, yakni jangan selalu menuruti semua keinginannya. Selain itu, anda juga harus memberikan penjelasan kepadanya, tentang mengapa ia tidak boleh terlalu manja dan selalu bergantung kepada orang lain. Dengan memberikan penjelasan, lambat laun ia pun akan mengerti bahwa ia harus tumbuh menjadi anak yang mandiri dan tidak manja.

2. Tanamkan Kemandirian Sejak Dini

Jangan beranggapan bahwa seorang anak itu akan mandiri dengan sendirinya setelah dewasa nanti. Justru, kemandirian saat beranjak dewasanya itu dikarenakan ia sudah terbiasa diajarkan mandiri sejak kecil. Ya, dengan mengajarkan sifat mandiri sejak dini, maka ia pun akan tumbuh menjadi anak yang tidak manja dan sudah terbiasa mandiri.

3. Memberikan Perhatian Yang Lebih

Tips berikutnya yang harus anda lakukan, yakni dengan memberikan perhatian yang lebih kepada anak, sehingga ia akan merasa nyaman dan bahagia, hal ini akan bisa membantu orang tua dalam mendidik anak. Dengan begitu, anak pun akan meresponnya dengan baik pula.

4. Mengajaknya Untuk Beraktifitas

Berdasarkan dari hasil survei, kebanyakan anak kecil jaman sekarang lebih tertarik bermain bersama gadgetnya, ketimbang main permainan tradisional seperti pada anak jaman dahulu. Tentu saja hal itu sangatlah tidak baik, sebab akan menghambat perkembangan kreatifitasnya. Selain itu, dampak buruk dari gadget itu akan membuat karakter si kecil menjadi individual, sehingga ia kurang peka terhadap lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, ajaklah si kecil untuk beraktifitas misalkan seperti menggambar, bermain puzzle, dan aktifitas apa saja yang dapat membuatnya lebih kreatif.

Demikianlah ulasan dingkat mengenai beberapa tips cara mendidik anak supaya tidak menjadi manja. Sebenarnya, masih ada lagi tips lainnya dalam mendidik anak yang belum tersampaikan. Berhubung keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai di sini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *