Membacakan-Dongeng-Untuk-Anak

Inilah Manfaat Membaca Dongeng Untuk Anak Secara Rutin

Tentunya sebagai orangtua bunda akan merasa senang sekaligus bangga jika melihat kemampuan anak yang selalu meningkat setiap waktunya. Karena memang di masa pertumbuhan anak, terutama di dua tahun pertamanya merupakan periode emas bagi pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya. Oleh karena itu, dalam masa pertumbuhan ini bunda bisa memberikan stimulus yang positif kepada anak, misalnya adalah dengan membaca dongeng untuk anak setiap harinya.

Apalagi dongeng ini memiliki cerita atau pesan moral baik yang bisa disampaikan kepada anak. Nah, untuk itulah dalam tulisan kali ini akan membahas tips parenting tentang beberapa alasan kenapa bunda perlu membacakan dongeng untuk anak secara rutin sebagai berikut ini :

Untuk Merangsang Minat Baca Anak

Merangsang-Minat-Baca-Anak

Jika saat ini bunda memiliki anak yang tengah dalam masa pertumbuhan, alangkah baiknya jika bunda sudah menanamkan minat membaca pada sang buah hati sejak dini. Dan dalah satu cara untuk menanamkan minat baca tersebut adalah dengan membacakan dongeng sebelum tidur pada anak. Karena dengan membacakan dongeng sebelum tidur pada anak, secara tidak langsung bisa membuat sang anak tertarik dengan membaca buku, terutama buku dongeng.

Mengenalkan Budaya dan Etika Indonesia

Mengenalkan-Budaya-dan-Etika-Indonesia

Dengan membacakan dongeng, sang anak akan mengenal budaya Indonesia. Karena memang banyak dongeng yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, misalnya dongeng Sangkuriang dari Jawa Barat, Malin Kundang dari Sumatra Barat, dan lain sebagainya. Apalagi cerita dongeng tersebut memiliki pesan moral yang baik untuk pertumbuhan anak.

Mempererat Hubungan Antara Bunda Dengan Sang Buah Hati

Mempererat-Hubungan-Antara-Bunda-Dengan-Sang-Buah-Hati

Dengan membacakan dongeng pada anak sebelum tidur, tentunya bunda bisa mulai membangun untuk mempererat hubungan dengan anak. Karena dengan membacakan dongeng bisa menjadi sarana berkumpul antara anak dengan bunda, setelah seharian bunda disibukkan dengan segala aktivitas sehari-harinya.

Bisa Menstimulus Anak

Bisa-Menstimulus-Anak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa dongeng in bisa menstimulus anak. Dalam hal ini, Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog, menganjurkan supaya bunda untuk membacakan dongeng pada anak guna memaksimalkan kecerdasan sang anak. Hal ini dikarenakan aktivitas mendongeng bisa membantu mengembangkan kemampuan sang anak dalam bahasa, imajinasi, berpikir logis, daya ingat, dan karakter yang positif.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang alasan mengapa bunda harus secara rutin membacakan dongeng kepada anak, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *