Manfaat-Kacang-Hijau

Inilah 9 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Caraibu.my.id – Kacang hijau merupakan sumber makanan yang kaya dengan nutrisi. Jenis kacang ini bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat seperti bubur kacang hijau, es kacang hijau, puding, dan yang lainnya.

Dibalik kesederhanaannya ternyata kacang hijau ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari bisa dimanfaatkan untuk mencegah kanker hingga bermanfaat untuk ibu hamil. Lalu manfaat kacang hijau untuk ibu hamil ini apa saja ya?

Berikut 9 manfaat kacang hijau untuk ibu hamil:

Manfaat-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil

1. Mempertahankan Tulang Yang Kuat

Vitamin K yang terkandung didalam kacang hijau berperan penting untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka. Vitamin K juga bisa mempertahankan tulang yang kuat pada ibu hamil dan janin yang ada didalam kandungannya.

2. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Kacang hijau juga dapat menjaga kesehatan tubuh ibu hamil karena mengandung Vitamin C. Vitamin C ini merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi reaksi radikal bebas.

Reaksi radikal bebas tersebut dapat menghasilkan produk sampingan dan juga proses yang dapat merubahnya menjadi karsinogenik. Antioksidan yang ditemukan pada kacang hijau sangat berperan penting didalam menjaga kesehatan tubuh ibu hamil.

3. Mencegah Infeksi

Beberapa kandungan vitamin yang ada didalam kacang hijau seperti Niacin dan Tiamin merupakan salah satu sumber nutrisi baik yang dapat membantu mencegah munculnya infeksi didalam tubuh.

Baca juga: 4 Cara Menghitung Taksiran Persalinan Yang Bisa Anda Coba

4. Menjaga Sel Dan Cairan Tubuh

Kacang hijau juga mengandung kalium yang dapat membantu mempertahankan produksi sel dan gerakan cairan tubuh yang lebih baik.

5. Membuat Bugar Dan Sehat Selama Masa Kehamilan

Didalam kacang hijau juga terkandung mangan yang dapat membantu melawan radikal bebas karena merupakan co – factor untuk antioksidan.

Berkat adanya kandungan tersebut sehingga membuat kacang hijau bermanfaat untuk selalu membuat tubuh bugar dan sehat selama menjalani masa kehamilan.

6. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Tidak bisa dipungkiri jika gangguan pencernaan seringkali dialami oleh para ibu hamil. Untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan pada ibu hamil ini adalah dengan memanfaatkan kacang hijau.

Pasalnya jenis kacang yang satu ini merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan serat. Kandungan serat didalam kacang ini dapat membantu mencegah dan mengobati sembelit, haemorrhoids, dan diverticulosis.

7. Mencegah Anemia

Sangatlah berbahaya bagi ibu hamil saat menderita Anemia selama masa kehamilannya. Pasalnya hal ini beresiko dapat menyebabkan terjadinya pendarahan saat persalinan nanti dan juga keguguran.

Untuk mencegah Anemia, ibu hamil bisa memanfaatkan kacang hijau. Pasalnya kandungan zat besi yang ada didalamnya dapat membantu proses pembentukan hemoglobin darah.

8. Membantu Mengatasi Morning Sickness

Kacang hijau juga bisa dimanfaatkan ibu hamil untuk mengatasi Morning Sickness. Pasalnya kacang hijau mengandung Vitamin B2 dan B1 yang dapat membantu mengatasi gejala muntah dan gejala umum yang dialami ibu diawal masa kehamilannya.

9. Sebagai Sumber Energi

Kacang hijau juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi kacang hijau ini maka akan tetap terjaganya energi didalam tubuh ibu hamil. Dengan begitu kacang hijau ini bisa menjadi sumber energi bagi ibu hamil dan menyusui.

Kacang hijau ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil karena mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin, asam folat, lemak, dan mineral.

Oleh karena itu ibu hamil jangan ragu untuk mengkonsumsi kacang hijau ini selama masa kehamilannya.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kulit Kering Di Wajah Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *