Pekerjaan Rumah Yang Cocok Untuk Anak

Ini Dia Pekerjaan Rumah Yang Cocok Untuk Anak Berdasarkan Usianya

Anda mungkin bertanya-tanya, mulai usia berapa anak bisa diperkenalkan pada pekerjaan rumah tangga? Bukan bermaksud untuk memanfaatkan tenaganya, ya. Tapi belajar melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga merupakan latihan yang sangat baik untuk motorik balita. Sedangkan pada anak yang sudah lebih besar, belajar melakukan pekerjaan rumah akan membuatnya lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Kalau Anda ingin segera memperkenalkan beberapa pekerjaan rumah tangga pada anak, yuk simak dulu informasi berikut ini:

1. Untuk anak usia 2-3 tahun

Di usia ini, bisa dibilang anak masih belum bisa mengerjakan banyak hal. Kalaupun bisa dimintai tolong, biasanya mereka hanya akan membuat berantakan. Maka dari itu, di usia ini mulailah menyuruh anak melakukan pekerjaan yang sederhana, misalnya membawakan sesuatu yang Anda minta (tentu yang berat dan ukurannya tidak membebani anak), menyuruhnya memasukkan kembali mainan ke dalam kotak, atau memintanya membuang bungkus makanan ke tempat sampah.

Saat Anda sudah melakukan apa yang Anda minta, terlepas dari ia berhasil atau tidak, selalu ucapkan terimakasih dan berikan pujian kepadanya karena sudah membantu.

2. Untuk anak usia 4-5 tahun

Memasuki usia 4 tahun, anak sudah mulai bisa melakukan lebih banyak hal. Di usia ini, saatnya Anda berfokus pada proses bukan hasil. Dalam artian, jangan berhenti meminta tolong pada anak meski hasilnya kurang rapi, sebab ia sedang dalam proses belajar.

Beberapa pekerjaan rumah tangga yang cocok untuk anak di usia ini adalah mengelap piring dan gelas plastik, menyusun buku atau boneka di rak, membawa pakaian kotor ke keranjang cucian, serta mengosongkan tempat sampah. Kalau anak menawarkan diri untuk membantu pekerjaan yang lebih berat, jangan ragu untuk memberinya izin namun pastikan Anda tetap mendapinginya.

3. Untuk anak usia 6-7 tahun

Di usia ini anak biasanya sudah memasuki usia sekolah. Itu artinya ia mulai memiliki tanggung jawab dan kemampuan yang lebih besar. Maka dari itu, pekerjaan rumah tangga yang bisa Anda berikan kepadanya juga makin bervariasi.

Anda bisa menyuruhnya untuk mengisi wadah makan kucing peliharaan, membantu menyiapkan bekal makan siang, membantu melipat pakaian (meski hasilnya masih belum terlalu rapi), membantu mengangkat belanjaan, dan juga memisahkan cucian kering berdasarkan jenisnya. Meski hasil dari pekerjaan anak belum sempurna, jangan ragu untuk tetap mengucapkan terimakasih atas bantuannya.

4. Untuk anak usia 8-9 tahun

Di masa ini anak biasanya sudah mengerti rasa bosan, sehingga kadang ia susah disuruh membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Nah, yang bisa Anda lakukan adalah membuat pekerjaan rumah tangga jadi lebih menyenangkan.

Misalnya saja, ajak anak membersihkan halaman sambil menanam bibit buah kesukaannya. Anda juga bisa mengajak si kecil berkompetisi melipat pakaian. Anak di usia ini juga sudah bisa membantu menyapu dan mengepel. Tak ada salahnya Anda perbolehkan si kecil menyapu sambil mendengarkan musik.

Di atas usia 9 tahun, bebaskan anak untuk memilih sendiri pekerjaan rumah tangga yang ingin dilakukannya. Hanya saja, pastikan ia tetap bertanggung jawab dan melakukan pekerjaannya sesuai jadwal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *