Cara Tepat Mendidik Anak Autis

Ini Dia Beberapa Tips Tepat Dalam Mendidik Anak Yang Autis

Memiliki anak yang normal, baik secara fisik maupun mentalnya adalah dambaan setiap orang tua. Tetapi kadang keinginan itu tidak sesuai dengan yang diharapkan, ada orang tua yang memiliki anak dengan kelainan genetik yang sering kita sebut hiperaktif atau autis. Mungkin ketika ada orang tua yang memiliki anak autis, mereka akan tertekan karena merasa malu memiliki anak yang tidak sama dengan anak normal lainnya.

Walau bagaimanapun anak yang autis adalah tetap amanah Alloh SWT yang harus dijaga dan disayangi seperti anak normal lainnya. Untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya, yakni mengenai beberapa tips yang tepat dalam mendidik anak autis. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasanya di bawah ini :

1. Tunjukkan Rasa Perhatian Dan Kasih Sayang Yang Tulus

Walau bagaimanapun anak yang autis tetap memiliki perasaan yang sama seperti anak normal, dia sangat membutuhkan rasa perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Untuk itu, tunjukkanlah rasa perhatian dan kasih sayang dengan tulus kepadanya, sehingga dia merasa bahwa orang tuanya tetap menyayanginya, dan menerimanya walaupun dalam keaadan tidak normal.

2. Jangan Bertindak Kasar

Jangan pernah sesekali anda bertindak kasar kepadanya, karena walau bagaimanapun dia memiliki perasaan yang sama seperti anak normal. Mengapa demikian? Pasalnya, dia akan mersa sedih dan kecewa jika orang tuanya berlaku kasar. Bahkan yang lebih gawatnya lagi, hal ini akan berdampak buruk pada kondisi psikisnya lho. Ya, dia akan mengalami trauma, sehingga karakternya cenderung lebih menutup diri.

3. Membutuhkan Kesabaran Yang Ekstra

Tips tepat berikutnya yang harus anda ketahui dalam mendidik anak yang autis, yakni memerlukan kesabaran yang ekstra. Mengapa demikian? Seperti yang kita tahu, bahwa anak autis itu memiliki perbedaan dengan anak-anak normal pada umumnya. Jika anda selalu sabar dalam mendidiknya, maka anda pun dapat memahami apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan pada anak tersebut.

4. Jauhkan Dari Pengaruh-pengaruh Yang Buruk

Menurut para psikolog anak, seorang anak autis itu sangat mudah terpengaruhi oleh hal apa saja yang ada dilingkungannya. Apabila lingkungannya di dominasi oleh pengaruh-pengaruh yang baik, maka ia juga akan mengikutinya.

Begitu pun sebaliknya, apabila lingkungannya dipenuhi dengan pengaruh-pengaruh yang buruk, maka ia juga akan dengan mudah untuk mengikutinya. Sebagai bentuk antisipasinya, kita harus senantiasa mengawasinya.

5. Memberikan Ilmu Agama

Pelajaran ilmu agama ini tidak hanya berlaku bagi anak-anak yang normal saja, melainkan anak-anak yang autis juga patut mendapatkan pelajaran ilmu agama. Ya, dengan memberi pelajaran ilmu agama sejak dini, maka bukan tidak mungkin bahwa ia akan tumbuh menjadi anak yang berbakti kepada orang tuanya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa tips yang tepat dalam mendidik anak autis. Mengingat keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *