Cara Agar Anak Tidak Malas Pergi Ke Sekolah

Ini Dia Beberapa Tips Jitu Agar Anak Tidak Malas Pergi Ke Sekolah

Pada saat anak kita sudah menginjak usia sekolah, maka kita pun menyekolahkannya dengan harapan kelak menjadi anak yang berguna bagi nusa, bangsa, serta agama. Di sekolah anak akan menemukan banyak hal, mulai dari memiliki teman baru, bermain, belajar, canda tawa , dan lain sebagainya. Akan tetapi tidak sedikit anak yang justru malas pergi ke sekolah.

Penyebabnya bisa berbagai hal yang membuat anak malas pergi sekolah seperti memiliki masalah dengan teman disekolahnya, film kartun kesukaannya, dan masih banyak lagi. Lantas, apa yang harus kita lakukan agar si kecil tidak malas untuk pergi ke sekolah? Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah beberapa tips jitu agar si kecil tidak malas lagi untuk berangkat ke sekolah :

1. Menemaninya Ke Sekolah

Sebaiknya orang tua selalu mendampingi anak untuk pergi ke sekolah, apalagi pada awal-awal masuk sekolah. Hal ini bisa membuat anak menjadi semangat untuk pergi ke sekolah. Karena biasanya pada awal masuk sekolah, anak merasa malu dan canggung untuk masuk sekolah. Namun dengan selalu mendampinginya, maka ia pun akan lebih semangat lagi untuk berangkat ke sekolahnya.

2. Meminta Bantuan Teman Sekelasnya

Jika poin yang pertama kurang efektif, maka anda bisa meminta bantuan teman sekelasnya untuk selalu berangkat bareng bersama anaknya ke sekolah, sehingga anak tersebut lebih termotivasi untuk pergi ke sekolah. Untuk membuatnya lebih bersemangat lagi, anda juga bisa meminta pada temannya itu untuk mengajaknya pulang bersama.

3. Selalu Komunikasi Dengan Anak

Tips ampuh berikutnya yang harus anda coba untuk membuat si kecil tidak malas pergi ke sekolah, yakni dengan selalu berkomunikasi dengannya. Coba selalu berkomunikasi dengan anak, lalu tanyakan kepada anak kenapa malas pergi ke sekolah. Jika sudah demikian, anda pun dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab mengapa ia malas pergi ke sekolah.

4. Bekali Dirinya Dengan Makanan-makanan Yang Unik Dan Menarik

Bekal makanan dari rumah yang kurang menarik juga bisa jadi merupakan salah satu faktor, yang menjadi penyebab mengapa si kecil malas untuk berangkat ke sekolahnya. Jika memang penyebabnya adalah karena faktor ini, maka anda harus membuat makanan-makanan yang unik dan menarik untuk bekal di sekolahnya nanti.

Dengan membekalinya makanan-makanan yang unik dan menarik, maka bukan tidak mungkin bahwa si kecil akan bersemangat untuk berangkat ke sekolahnya.

5. Membuat Suasana Pagi Yang Menyenangkan

Jangankan anak-anak, orang dewasa saja akan malas untuk berangkat kerja jika suasana dipagi harinya tidak nyaman dan tidak menyenangkan. Maka dari itu, anda harus selalu membuat suasana pagi yang menyenangkan agar si kecil lebih bersemangat lagi untuk berangkat ke sekolah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa tips jitu, agar si kecil tidak malas untuk berangkat ke sekolah. Berhubung keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja. Akhir kata cukup sekian, dan selamat beraktifitas kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *