Cara-meningkatkan-kesuburan-wanita

Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Yang Efektif

Caraibu.my.id – Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kebahagiaan dalam berumah tangga itu baru akan terasa ketika dikaruniai seorang anak.

Itu sebabnya, mengapa memiliki momongan menjadi dambaan bagi setiap pasangan suami istri. Berbicara soal kehamilan, tentu saja tidak terlepas dari tingkat kesuburan yang kita miliki.

Secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa cara meningkatkan kesuburan wanita yang paling efektif.

Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasan di bawah ini:

1. Perhatikan Pola Makan

Perlu diketahui, bahwa makanan-makanan yang kita konsumsi itu dapat mempengaruhi nutrisi, fungsi sel, fungsi hormone, hingga kesuburan lho.

Apabila kamu tidak terbiasa mengonsumsi makanan-makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, maka kamu pun bisa menggantinya dengan mengonsumsi suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Hindari Berat Badan Yang Berlebihan

Menurut informasi yang didapat, ternyata berat badan yang berlebihan atau obesitas ini juga bisa menurunkan tingkat kesuburan pada seorang wanita lho! Soalnya, kelebihan kadar lemak dalam tubuh dapat mengganggu siklus menstruasi yang kemudian akan mengganggu kesuburan.

Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur untuk membakar kadar lemak dalam tubuh.

Adapun mengenai beragam jenis olahraga yang bisa kamu pilih, mulai dari jogging, jalan santai, berenang, bersepeda, senam, aerobic, dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Cara Menghitung Taksiran Persalinan Yang Bisa Anda Coba

3. Mengonsumsi Asam Folat

Kandungan asam folat ini tidak hanya bagus untuk perkembangan saraf janin saja, melainkan juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pada wanita.

Hal itu juga dibenarkan oleh beberapa penelitian, yang menyebutkan bahwa asam folat mampu menurunkan kegagalan ovulasi.

Lantas, jenis makanan apa sajakah yang mempunyai kandungan asam folat? Kandungan asam folat tersebut bisa kamu dapatkan pada beberapa jenis makanan seperti brokoli, asparagus, sayuran berdaun hijau, ikan tuna, telur, daging merah, kacang-kacangan, dan umbi-umbian.

4. Hindari konsumsi Alkohol, Kafein, dan Rokok

Jika kamu terbiasa mengonsumsi kopi sebanyak 5 gelas per hari, itu artinya kamu telah menelan kandungan kafein sebanyak 500 mg yang dapat menurunkan kesuburan.

Padahal, kita hanya diperbolehkan mengonsumsi kafein sebanyak 200 mg saja per harinya. Selain minuman berkafein, mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat menurunkan tingkat kesuburan pada wanita.

Bahkan yang lebih gawatnya lagi, minuman beralkohol bisa merusak organ penting lainnya seperti ginjal, jantung, dan sebagainya lho!

Begitu pun dengan kebiasaan merokok, yang bisa menjadikan rahim kurang reseptif terhadap hasil pembuahan sel telur. Maka dari itu, hindarilah ketiga kebiasaan tersebut mulai dari sekarang.

5. Berhubungan Intim Secara Rutin dan Teratur

Cara paling efektif berikutnya yang bisa dicoba untuk meningkatkan kesuburan pada wanita, yakni dengan melakukan hubungan intim secara rutin dan teratur.

Dalam hal ini, sangat disarankan bagi kamu untuk melakukan hubungan intim sebanyak 2 – 3 kali per minggu. Jika kamu terlalu sering melakukan hubungan intim, maka hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kualitas sperma.

Oleh karenanya, lebih baik berhubungan intim dimulai di hari ke 9 siklus haid atau empat belas hari sebelum haid hari pertama adalah puncak masa subur.

Soalnya, pada masa tersebut merupakan kesempatan yang paling bagus untuk memperbesar peluang hamil.

Itulah beberapa cara meningkatkan kesuburan wanita yang efektif. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: Inilah 9 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *