mengajarkan nilai agama pada anak

Cara Menanamkan Nilai Agama Kepada Anak

Setiap orangtua itu pastinya menginginkan supaya anaknya itu menjadi anak yang soleh dan solehah. Anak yang soleh dan solehah ini identik dengan seorang anak yang mempunyai perilaku yang baik seperti taat dan patuh kepada orang tuanya atau juga anak yang taat di dalam menjalankan ajaran agamanya. Intinya anak yang soleh itu adalah segala perilakunya itu baik sehingga membuat orang tua menjadi senang dan bahagia.

Memang untuk mendidik anak menjadi soleh-solehah itu tidaklah mudah, apalagi di zaman sekarang ini dimana banyak sekali hal-hal negatif yang bisa mempengaruhi kepribadian anak. Salah satu cara untuk melindungi anak dari pengaruh-pengaruh negatif itu adalah dengan cara menanamkan ajaran agama kepada anak sejak dini.

mengajarkan nilai agama pada anak

Lalu seperti apa cara menanamkan ajaran agama kepada anak itu? Untuk itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan cara untuk menanamkan nilai-nilai agama yang benar kepada anak sejak dini sebagai berikut ini :

  1. Orang tua Harus Menjadi Contoh yang Baik

Ketika orang tua menginginkan anaknya menjadi soleh maka orang tua ini harus mempunyai sikap yang soleh juga. Seorang anak ini sifatnya menuruti apa yang sering dia lihat lalu akan menirunya. Contohnya jika orang tuanya itu sering sholat dan mengaji maka anaknya ini akan melihat apa yang orang tuanya itu lakukan dan kemudian akan menirunya.

  1. Memberikan Pendidikan Yang Islami

Hal lain yang bisa dilakukan orangtua ini adalah dengan menciptakan suasana islami melalui pendidikan yang islami untuknya. Seorang anak tidak akan tahu bagaimana dirinya bisa menjadi anak yang soleh ketika orangtuanya itu tidak mengajarkan sebuah pendidikan untuk anak ini bisa menajdi soleh.

  1. Mengajaknya Ke Pergaulan yang Islami

Suasana islami juga bisa diciptakan orangtua dengan mengajak anaknya itu ke sebuah pergaulan yang islami. Ketika anaknya ini mengenal pergaulan yang islami maka anak ini akan mengetahui perilaku orang orang yang soleh. Sehingga ini akan menjadi contoh anak ini di dalam berperilaku menjadi anak yang soleh.

  1. Mendidik Anak Agar Selalu Membawa Peralatan Sholat

Dengan mendidik anak agar selalu membawa peralatan sholat kemanapun anak ini akan pergi. Hal ini sebagai cara orangtua dalam mendidik anaknya itu agar anaknya selalu ingat untuk melakukan kewajibannya sebagai umat muslim. Sehingga ketika anak ini membawa dan melihat peralatan sholatnya maka anak ini akan langsung teringat dengan kewajibannya.

Memang salah satu kewajiban sebagai orang tua terhadap anak adalah menanamkan ajaran agama sejak dini. Sehingga dengan demikian sang anak nantinya sudah memiliki saringan /filterisasi untuk membedakan mana sesuatu yang baik dan yang tidak baik, atau bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *