Cara agar anak usia 1-2 tahun mandiri

Berikut Beberapa Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Anak Usia 1 – 2 Tahun Supaya Bisa Mandiri

Membuat anak bisa mandiri tentu saja tidak datang secara sendirinya, tetapi melalui proses dan latihan secara bertahap. Kita harus melatih anak kita sejak dini, agar mampu melakukan segala sesuatunya sendiri. Tentunya kegiatan tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan serta usia anak. Akan tetapi, melatih si kecil yang baru berusia 1 – 2 tahun untuk menjadi anak mandiri itu bukanlah sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan. Ya, butuh kesabaran dan trik yang tepat dalam mendidik si mungil agar menjadi anak yang mandiri.

Lantas, apa yang harus kita lakukan agar si kecil menjadi anak yang mandiri? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang jawaban dari pertanyaan tersebut, ada baiknya kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

Bagi anak kecil terutama anak perempuan, pasti sangat senang jika melakukan apa yang dilakukan oleh ibunya. Seperti memasak, mencuci, menyetrika, dan masih banyak lagi. Untuk itu, bunda bisa meminta kepada si mungil untuk membantu yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan tidak membahayakannya.

Misalnya, menyuruh anak untuk memasukan pakaian kotor ke keranjang, menyiram tanaman, dan kegiatan apa saja yang sekiranya tidak membahayakan bagi keselamatan si mungil.

2. Menggunakan Alat Makan Sendiri

Tips berikutnya yang harus bunda lakukan untuk melatih si mungil menjadi anak yang mandiri, yakni biarkan ia untuk menggunakan alat makannya sendiri. Disini bunda bisa mencoba untuk melatih anak memegang sendok sendiri. Latih ia bagaimana cara memegang sendok yang benar dan cara menggunakannya. Dalam hal ini, sebaiknya bunda memberinya makanan yang padat dan hindari makanan cair supaya tidak tumpah kemana-mana.

3. Membereskan Mainan Yang Telah Selesai Dimainkannya

Pada saat setelah selesai atau bosan bermain dengan mainannya, biasanya si mungil akan meninggalkan mainan tersebut dan membiarkannya berserakan begitu saja. Jika hal ini terus di biarkan, bagaiman mungkin si mungil akan tumbuh menjadi anak yang mandiri.

Maka dari itu, bunda harus selalu mengingatkan kepadanya, untuk selalu membereskan mainan tersebut setelah selesai bermain. Dengan begitu, maka si mungil pun akan terbiasa untuk mebereskan mainannya. Selan itu, hal ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab kepadanya.

4. Menggunakan Pakaian

Anak yang berusia 1-2 tahun sudah bisa dicoba untuk menggunakan pakaiannya sendiri. Misalnya menggunakan pakaian tidur, menggunakan kaos dan celana pendek yang sekiranya mudah untuk ia gunakan. Dengan begitu, lambat laun ia pun akan terbiasa untuk mengenakan pakaiannya sendiri tanpa harus meminta bantuan dari orang lain.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa aktifitas yang bisa membuat anak berusia 1 – 2 tahun menjadi lebih mandiri. Sebenarnya, masih banyak lagi aktifitas-aktiftas yang belum sempat disembutkan. Namun, berhubung keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai di sini saja. Akhir kata cukup sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *