Cara akrabkan anak dengan kakek-nenek

4 Trik Sederhana Ini Akan Jadikan Buah Hati Lebih Akrab Dengan Kakek Neneknya

Beruntung sekali Anda jika putra-putri kesayangan selalu lengket dengan kakek dan neneknya. Di hari tuanya, kakek dan nenek tentu mendambakan keceriaan di rumah mereka dengan kehadiran para cucu tersayang. Selain itu, dekat dengan kakek nenek juga bisa membantu mengoptimalkan perkembangan psikologi anak.

Sayangnya, banyak juga anak yang susah akrab dengan kakek nenek karena berbagai faktor, misalnya saja jarang bertemu atau karena merasa takut dengan penampilan kakek dan nenek yang tidak seperti ayah ibunya.

Wah, jangan sampai buah hati jadi jauh dari kakek dan neneknya, ya. Mengakrabkan anak dengan orang tua Anda sebetulnya bisa dilakukan dengan cara sederhana kok, seperti ini misalnya:

1. Sering menyebut nama kakek dan nenek dalam aktivitas sehari-hari

Anak jelas harus diberitahu siapa itu kakek dan nenek. Hal itu membuatnya lebih memahami hubungan yang ada sehingga ia pun tidak merasa asing. Setelah itu, secara perlahan Anda bisa mulai memperkenalkan kakek dan nenek melalui percakapan sehari-hari.

Misalnya saat memasak sayur sop, Anda bisa berujar, “ Ini sayur kesukaan nenek, lho!”. Atau ketika menemani buah hati bermain di halaman, Anda bisa mengatakan “Di rumah kakek banyak sekali pohon pisang seperti itu lho, kak!”. Meski jarang bertemu, namun cara semacam ini akan menimbulkan kesan bahwa sang kakek dan nenek selalu berada di dekat mereka.

2. Mengajak anak berkunjung secara rutin

Kalau rumah kakek dan nenek berada di kota yang sama, pastikan Anda mengajak buah hati untuk berkunjung secara rutin, setidaknya dua minggu sekali. Jadi misalnya minggu ini anak diajak ke rumah kakek dan nenek dari ayah, minggu depan ia bermain ke rumah kakek dan nenek dari ibu.

Awalnya anak mungkin akan merasa asing dan tidak mau dekat dengan kakek neneknya. Tapi lambar laun, ia akan terbiasa dan malah menantikan waktu berkunjung ke rumah kakek nenek. Hal yang sama juga perlu dilakukan meski kakek nenek tinggal di luar kota. Hanya saja, waktu berkunjungnya bisa dikurangi misalnya sekali selama 6 bulan.

3. Berkomunikasi melalui video call

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, tentu tidak sulit membuat anak berkomunikasi dengan kakek nenek melalui video call. Setiap kali ada momen penting, misalnya saja ketika anak mendapat nilai seratus atau saat ia akan liburan ke pantai, ajak buah hati menceritakan hal tersebut kepada kakek dan nenek melalui video call.

Anda juga perlu membiasakan anak untuk mengingat hari ulang tahun kakek dan nenek kemudian memberinya ucapan melalui telepon. Meski sederhana, tapi hal-hal tersebut bisa makin mendekatkan putra-putri tersayang dengan kakek nenek mereka.

4. Mengajak anak membelikan hadiah untuk kakek nenek

Si kecil pasti senang sekali kan, kalau diajak berbelanja? Nah, Anda bisa membawanya ke pusat perbelanjaan dan membiarkannya memilih hadiah yang cocok untuk kakek dan nenek. Arahkan si kecil dengan menyebutkan hobi kakek dan nenek, misalnya “Nenek suka masak, lho” atau “Kakek suka sekali memancing!”. Dengan demikian, anak jadi lebih mudah menentukan hadiah apa yang cocok bagi mereka.

Bagaimana, siap mencoba trik tersebut untuk mendekatkan buah hati dengan kakek neneknya? Jangan lupa abadikan setiap momen kebersamaan buah hati dengan kakek nenek melalui foto maupun video, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *