7-manfaat-jahe-merah-untuk-kesehatan

7 Manfaat Baik Jahe Merah Untuk Kesehatan, Apa Saja?

CaraIbu.my.id – Selain dapat dijadikan bumbu penyedap masakan, jahe ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Jenis jahe yang sering digunakan sebagai obat herbal tersebut adalah jahe merah. Jahe merah atau yang lebih populer disebut jahe sunti memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jahe jenis lainnya. Jika dlilihat dari kandungan senyawa kimia dalam rimpangnya, pada jahe merah terdapat kandungan gingerol, oleoresin, dan minyak atsiri yang lebih tinggi. 

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa manfaat jahe merah adalah sebagai antioksidan dan anti inflamasi. Dimana, kandungan tersebut diklaim dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri. Sehingga tidak aneh, kalau Presiden Jokowi rutin mengonsumsi jahe merah ini sebagai cara antisipasi untuk melawan virus Covid-19. Bukan hanya dapat menjaga kekebalan tubuh di tengah pandemi ini, terdapat banyak sekali manfaat lainnya dari jahe merah. Ingin tahu apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan? Yuk simak artikel ini!

1. Menetralkan Tubuh Dari Radikal Bebas

Manfaat jahe merah yang pertama adalah dapat menetralkan tubuh dari radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Paparan radikal bebas sendiri sangat sulit dihindari karena pada lingkungan sekitar kita terdapat banyak polusi asap rokok, ozon, asap kendaraan, polusi udara, asap pabrik, dan makanan yang dikonsumsi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi jahe merah yang memiliki kandungan yang berperan dalam menetralkan tubuh dari berbagai radikal bebas. 

2. Dapat Meringankan Kram Perut

Manfaat jahe merah selanjutnya adalah untuk meringankan kram perut. Nah, selain dengan menggunakan obat medis, bagi Anda para penderita asam lambung bisa merasakan manfaat jahe merah ini sebagai obat asam lambung alami. Hal ini dikarenakan senyawa fenolat pada jahe merah dapat meredakan iritasi dan mengurangi kontraksi lambung. Dengan demikian bisa mengurangi risiko zat asam untuk bergerak naik ke kerongkongan. 

3. Dapat Mencegah Stroke dan Jantung

Ternyata jahe merah ini dapat mencegah stroke dan jantung juga lho. Karena jahe merah ini memiliki kandungan gingerol yang memiliki efek antikoagulan yang bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama terjadinya stroke dan serangan jantung. Selain itu, kandungan gingerol ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

4. Menambah Stamina

Manfaat jahe merah untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai penambah stamina. Dalam hal ini, jahe merah mampu melancarkan peredaran pada darah sehingga membuat pembentukan otot lebih baik dan sempurna. Selain itu, jahe merah juga mampu meningkatkan kebugaran fisik serta menambah stamina. Sehingga tidak aneh kalau banyak pria dewasa yang menjadikan jahe merah ini sebagai obat kuat alami.

Baca juga: Kumpulan Artikel Tips Kesehatan Terbaru dari Popbela.com

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang kelima adalah menurunkan tekanan darah. Dimana, jahe merah ini mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah. Dengan demikian, darah dapat mengalir lebih lancar, dan kerja jantung untuk memompa darah pun semakin ringan.

6. Memperbaiki Pencernaan

Manfaat berikutnya yang bisa Anda temukan pada jahe merah adalah untuk memperbaiki pencernaan. Karena jahe merah ini mengandung enzim yang berguna bagi pencernaan, yakni protease dan lipase yang masing-masing mencerna protein dan lemak. 

7. Meredakan Sakit Otot

Manfaat jahe yang terakhir adalah dapat meredakan sakit otot. Dalam hal ini, menurut studi dari University of Georgia Amerika Serikat, jahe merah ini memiliki efek antiparedangan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi sakit otot. 

Jenis tanaman rimpang atau rhizome yang satu ini seringkali dijadikan sebagai campuran minuman atau rempah masakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya dengan mengkonsumsi jahe merah ini terbukti dapat menjadikan tubuh lebih hangat dan lebih kuat. Bagaimana, tertarik untuk mengkonsumsinya secara rutin?

Baca juga: Inilah 9 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *