Cara-Membuat-Riwayat-Hidup-Paling-Lengkap-dan-Rapih

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup 

 caraibu.my.id- Curriculum Vitae (CV) adalah riwayat hidup yang berisikan informasi mengenai calon pelamar. Karena memang, pada saat melamar suatu pekerjaan, perusahaan yang dilamar tersebut akan meminta sejumlah berkas persyaratan, salah satunya adalah daftar riwayat hidup. Di dalam contoh daftar riwayat hidup biasanya berisi informasi soal pendidikan, biodata, keterampilan, riwayat pekerjaan dan lain sebagainya. 

Selain itu, setiap perusahaan memiliki aturan masing-masing mengenai bagaimana daftar riwayat hidup itu dibuat. Pada umumnya perusahaan membolehkan pelamar kerja untuk mengirimkan daftar riwayat hidup dan surat lamran kerja dalam bentuk cetak atau print. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar kerja untuk menulis sendiri surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup tersebut. 

Sebenarnya membuat daftar riwayat hidup merupakan hal yang tidak sulit, namun bagi mereka yang baru pertamakali melamar pekerjaan tentunya akan kesulitan bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar. 

Perlu diketahui bahwa dalam proses perekrutan calon karyawan baru, riwayat hidup atau curriculum vitae merupakan dokumen yang akan pertamakali dilihat oleh pihak perusahaan.  Maka dari itu, pembuatan daftar riwayat hidup ini sangat penting untuk diperhatikan karena bisa berpengaruh dalam menentukan apakah pelamar tersebut layak untuk menuju tahap selanjutnya.

Cara membuat Riwayat Hidup 

Daftar Riwayat Hidup Tulisan Tangan

Dalam hal ini, ada banya jenis surat daftar riwayat hidup tulis tangan yang dibuat. Selain itu, isi di dalam contoh daftar riwayat hidup juga sangat beragam. Ada yang menulis informasi pribadi dengan cukup singkat dan padat, ada yang menuliskan daftar riwayat hidup dengan disetiap bagian dengan sangat detail, dan ada juga yang membuat daftar riwayat hidup tanpa pengalaman kerja pelamar karena orang yang melamar tersebut adalah fresh graduate.

Sebenarnya membuat surat daftar riwayat hidup tulis tangan tidak jauh berbeda dengan cara membuat daftar riwayat hidup dalam bentuk print atan cetak. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat daftar riwayat hidup secara manual karena proses pembuatannya yang berbeda pula. Adapun syarat dalam membuat daftar riwayat hidup tulis tangan adalah sebagai berikut :

  • Pertama sisipkan kertas yang bersih saat akan membuat daftar riwayat hidup, dan pastikan juga kertas tersebut tidak robek atau terlipat.
  • Lalu tulis daftar riwayat hidup dengan tulisan tangan sendiri. Sebaiknya tidak membuat coretan karena akan membuat daftar riwayat hidup ini terkesan tidak rapi.
  • Isi daftar riwayat hidup secara berurut, mulai dari nama, tanggal lahir, tempat tinggal, dan alamat. Lalu riwayat pendidikan yang berurutan mulai dari SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. 
  • Jujur dalam mengisi informasi yang dibuat di dalam CV tersebut.
  • Anda bisa isi pendidikan non formal kedalam CV
  • Anda tulis pengalaman yang pernah dilakukan. Jika anda adalah fresh graduate maka tidak usah menuliskannya.
  • Tempelkan pasfoto di bagian kanan CV jika pihak perusahaan memintanya.
  • Di akhir daftar riwayat hidup, jangan lupa untuk menyertakan tanda tangan di bagian kanan bawah CV.

Baca juga : Kata-kata Motivasi Islami Di Saat Mencari Rezeki!

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

                             Daftar Riwayat Hidup

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama  : Maman Beckham

Tempat . Tanggal Lahir : Garut, 15 September 1981

Alamat : RT. 04 . RW.07 Kampung Ranca Ucing, Desa Bina Karya, Kec. Banyuresmi Kab. Garut

Umur : 39

Agama / Status : Islam / Sudah Nikah

No. HP : 098835688997

Pendidikan

  1. SDN Garut Tahun 1994
  2. SMPN Garut Tahun 1997
  3. SMAN Garut Tahun 2000

Pengalaman Kerja

Di PT. Maju Mundur sejak 09 Februari 2018 sampai dengan 15 Oktober 2019

Demikianlah riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya

Garut, 17 Maret 2020

Hormat Saya

Maman Beckham 

Baca juga : Kata Kata Motivasi Kerja Supaya Lebih Semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *